Pada kegiatan trading, berbagai indikator untuk prediksi pasti diperlukan. Pentingnya indikator ini adalah untuk melakukan perhitungan jangka panjang pada transaksi yang dilakukan. Dalam prosesnya, ada beberapa indikator trading paling akurat yang bisa dipilih oleh para trader di Quotex. Untuk melakukan trading di Quotex bisa lebih dulu membuat akun dengan klik tombol di bawah ini:

Indikator Trading Paling Akurat
source: binarytradingoptions

Semua indikator yang ada sama-sama penting. Namun, setiap indikator tersebut memiliki arti dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Sehingga tidak semua trader bisa atau biasa menggunakan semua indikator yang ada. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai beragam indikator yang bisa diaplikasikan. Simak penjelasan berikut ini agar paham:

1. Stochastic

Jika ingin melakukan trading jangka pendek atau secara singkat, maka indikator stochastic ini sangat sesuai untuk diaplikasikan. Sebagai salah satu indikator yang akurat, stochastic juga memberi hasil maksimal dalam penerapannya. Dibentuknya indikator ini juga memiliki alasan besar yang sangat memudahkan trader.

Stochastic sengaja dibentuk untuk dipakai secara bersamaan dengan support dan resistance. Penggunaan dua poin ini bisa dilakukan secara bersama-sama karena bisa memberi hasil yang lebih maksimal. Dengan indikator ini, maka trader bisa menentukan titik atas dan bawah yang biasa disebut support resistance dengan mudah.

2. Support dan Resistance

Indikator trading paling akurat kedua adalah support dan resistance saham. Adanya indikator ini sebenarnya bisa membantu indikator lainnya. Support adalah titik bawah dari posisi, sedangkan resistance adalah titik atasnya. Penggunaan dua poin ini sangat penting karena bisa memprediksi trend dengan baik.

Kelebihan lain dari penggunaan indikator ini adalah bisa dikombinasikan dengan berbagai indikator yang ada. Banyak ahli yang sudah membuktikan kualitas indikator ini. Jika pemahaman pada indikator ini baik, maka keuntungan yang didapat juga akan besar. Maka dari itu jangan ragu untuk mempelajari indikator ini.

3. Relative Strength Index

Ketiga, ada RSI yang masuk dalam jajaran indikator paling baik untuk dipilih. Relative Strength Index adalah indikator penting dalam trading. Keakuratan yang diberikan pada para trader sangat tinggi jika menggunakan indikator ini. Berbagai keadaan juga bisa dilakukan oleh indikator ini, salah satunya trading jangka pendek.

Selain keunggulan di atas, RSI juga bisa mendeteksi apakah telah terjadi jenuh jual dan jenuh beli. Sehingga trader bisa melihat apakah produk tersebut sudah mengalami penurunan sebelumnya dan sebesar apa. Hal ini sangat penting bagi trader. Karena semua hal yang ada dalam indikator akan berpengaruh secara keseluruhan.

4. Parabolic Stop dan Reverse

Indikator jenis ini biasa disebut dengan SAR. Jika menggunakan indikator ini, maka akan ada alur dengan tanda titik-titik yang bisa mencerminkan prediksi masa depan. Tentu saja metode ini akan sangat membantu setiap trader yang melakukan proses trading, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Cara penggunaan indikator ini sangat mudah, yaitu hanya perlu memperhatikan bagian garis grafiknya. Apabila berada pada harga tren yang baik, maka ambil tempat untuk waktu yang lebih lama. Namun, jika ternyata grafik menunjukkan penurunan tren, maka harus segera mengambil langkah cepat untuk mengambil posisi pendek.

5. Simple Moving Average

Penggunaan indikator trading paling akurat ini sudah umum. Ada banyak alasan kenapa indikator ini tergolong yang terkenal. Salah satu alasan paling mendasar adalah penggunaannya yang sederhana. Dengan demikian, para trader pemula akan sangat mudah menaikkan profit atau keuntungan meski belum terlalu mahir.

Jika memilih indikator SMA ini, maka dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk menunggu pembentukan tren sampai selesai. Proses yang terjadi juga akan dikombinasikan dengan metode bernama bounce yang penggunaannya sangat bermanfaat. Sehingga indikator ini sangat sederhana untuk diaplikasikan.

6. Bollinger Band

Meski support dan resistance termasuk dalam indikator trading, namun ada juga indikator lain yang memantau dua hal ini. Indikator tersebut bernama bollinger band. Jika menggunakan indikator ini, maka trader bisa memprediksi bagaimana support dan resistance akan terjadi. Tidak hanya itu saja, ada manfaat lain dari penggunaan indikator ini.

Manfaat tersebut adalah bisa memberikan trader sinyal yang lebih bagus. Sinyal yang diberikan ada pada aspek pembalikan, prediksi harga, dan beberapa hal lainnya. Semua hal ini tentu penting untuk diketahui. Maka dari itu, penggunaan bollinger band sangat diperlukan dalam setiap proses trading yang terjadi.

7. Aligator

Indikator trading paling akurat lainnya yang masuk dalam jajaran adalah aligator. Penggunaan indikator ini tidak kalah penting dari indikator lainnya. Pada praktiknya, acuan utama dari penggunaan indikator ini adalah periode waktu yang digunakan. Jadi berjalannya grafik berdasarkan waktu dari masa trading itu sendiri.

Tujuan penggunaan indikator ini adalah untuk mengetahui arah gerak harga yang terbaru. Selain itu, kecepatan pergerakan dari tren harga tersebut juga akan dianalisis dengan baik. Dua tujuan ini tentunya sangat penting untuk diketahui saat trading. Sehingga indikator ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan.

8. Candlestick PTC

Bagi trader yang tidak suka mengaplikasikan indikator dalam proses trading jangka pendeknya, maka bisa menggunakan candlestick PTC. Pengaplikasian indikator ini membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Karena tidak semua titik yang ada mengindikasikan sinyal untuk melakukan pembelian saat trading.

Pengaruh pola yang muncul selalu disertai dengan di mana dan kapan pola itu muncul. Sehingga sebagai trader yang baik, harus memperhatikan segala aspek tersebut agar bisa mendapat keuntungan yang besar. Penggunaan indikator ini sangat akurat untuk proses trading. Asal memiliki kepekaan terhadap pola, maka tidak perlu menghafal beragam pola candlestick.

Itulah daftar indikator trading paling akurat yang bisa dipilih oleh trader. Setiap indikator memiliki tujuan berbeda yang pastinya penting dalam proses trading. Bagi para trader pemula, sangat penting untuk memahami setiap indikator yang ada. Sehingga saat dibutuhkan, bisa langsung mengaplikasikannya dengan baik.